Bercak Kering PDF Print E-mail
OPT Sayur - Tomat
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 01:46
Bercak Kering Alternaria (early blight, Alternaria blight)
Alternaria solani Sorauer.

Morfologi / Daur Penyakit

  • Cendawan membentuk miselium yang berwarna gelap. Konidiofor keluar dari jaringan tanaman sakit dan berwarna gelap. Konidium berparuh, berbentuk buah murbei, gelap, tunggal atau membentuk rantai dua-dua.
  • Cendawan dapat bertahan pada tanaman sakit, sisa-sisa tanaman sakit dan biji. Dalam jaringan daun sakit, miselium dapat bertahan 1 tahun atau lebih dan dalam suhu kamar konidium dapat tetap hidup selama 17 bulan. Biji dari buah sakit dapat terinfeksi. Konidium mudah lepas oleh angin dan dapat disebarkan oleh kumbang.
  • Suhu optimum perkecambahan konidium adalah 28 – 30 o C. Pembentukan konidium membutuhkan banyak embun atau hujan yang sering. Tanaman yang mulai membentuk buah dan yang berbuah banyak menjadi lebih rentan.

Gejala Serangan

Patogen dapat menyerang bibit dan tanaman muda. Gejala dapat terjadi pada daun, batang, dan buah. Pada daun terdapat bercak -bercak kecil bulat, bersudut, dan berwarna coklat tua sampai hitam. Di sekitar bercak nekrotik terdapat halo sempit.  Pada serangan berat banyak terdapat bercak, daun menjadi layu dan gugur sebelum waktunya.
Gejala Serangan Bercak kering dan alternaria solani
Bercak pada batang dan tangkai tanaman tampak gelap, lonjong memanjang dan membesar yang mempunyai lingkaran-lingkaran terpusat, dan dikenal dengan nama “busuk leher”..
Gejala pada buah umumnya melalui batang atau calyx. Terjadi bercak coklat gelap atau hitam dengan lingkaran-lingkaran terpusat. .  Buah yang terinfeksi permukaannya menjadi sedikit kempot dan pecah-pecah, akan gugur sebelum masak.

Tanaman Inang

Selain tanaman tomat, tanaman yang termasuk Solanaceae antara lain kentang, terung, ranti  dan kecubung.

Pengendalian

a).  Kultur teknis
  • Penggunaan benih sehat,
  • Untuk mencegah terbawanya jamur oleh biji dapat dilakukan disinfestasi benih.
b).  Pengendalian fisik / mekanis
  • Mengeradikasi tanaman terserang dengan cara dicabut dan dimusnahkan.
c). Pengendalian kimiawi
  • Apabila kerusakan tanaman > 25 %, dapat diaplikasikan fungisida efektif, terdaftar dan diizinkan Menteri Pertanian
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Thursday, 17 January 2013 06:40 )