Buah Mengeras PDF Print E-mail
OPT Tanaman Jeruk - Manggis
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 02:32
Buah Mengeras

Gejala penyakit
Sebagian atau seluruh bagian buah mengeras. Jika dibuka, daging buah lengket dengan kulit dan sebagian daging buah sudah busuk.  Biasanya, buah akan jatuh sebelum matang.
Patogen
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan: Rhizopus sp., Botryodiplodia sp., dan Pestalotia flogisetulla (Mohamad Reza, 2000).
a.  Rhizopus sp.
  • Cendawan ini hidup sebagai saprofit atau patogen luka, sehingga invasi terjadi melalui luka-luka. Di tempat penyimpanan buah setelah panen, cendawan dengan cepat membusukkan buah dan segera menularkan ke buah lain. Luka karena serangga yang terjadi setelah pemetikan dapat meningkatkan pembusukan (Dwi Astuti, 1985). Lalat buah Drosophila sp. diduga membantu pemencaran cendawan ini (Setyobudi dan Dwi Astuti, 1985).
b.  Botryodiplodia sp.
  • Cendawan membentuk piknidium. Konidiumnya berbentuk jorong, bersel 1(satu), dan hialin pada waktu muda; tetapi kemudian setelah dewasa konidium itu bersel 2 dan berwarna gelap.
  • Penyinaran matahari secara penuh dan mendadak pada pangkal cabang atau batang, akibat  pemangkasan yang terlalu berat, dapat mendorong perkembangan penyakit. Pemetikan buah pada keadaan cuaca lembap dan adanya pelukaan dapat mendorong terjadinya infeksi pada buah yang dipanen.
c.  Pestalotia sp.
  • Pestalotia sp. memiliki konidium berbentuk kumparan, tiga sel tengah yang berdinding tebal dan berwarna kecoklatan, dan sel ujung berwarna hialin dengan tiga ekor (seta).
Tanaman inang lain
  • Rhizopus sp.: juga menyerang pepaya.
  • Botryodiplodia sp.: juga menyerang nenas, nangka, teh, jeruk, kopi, akar tuba, kelapa sawit, lengkeng, karet, ubi jalar, leci, kweni, ubi kayu, pisang, rambutan, alpokat, jambu biji, kakao kemiri, dan jagung.

Pengendalian

Cara kultur teknis
  • Sanitasi kebun, dengan membersihkan rerumputan/ gulma, daun dan ranting di areal pertanaman manggis yang dapat menjadi sumber inokulum.
Cara mekanis
  • Pengambilan buah manggis terserang/sakit lalu membakarnya atau dibenam dalam tanah.
Cara kimiawi
  • Penyemprotan dengan fungisida yang efektif dan  terdaftar sejak buah masih pentil sampai tiga minggu sebelum panen.
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Thursday, 17 January 2013 06:05 )