Kutu Nenas PDF Print E-mail
OPT Tanaman Jeruk - Nenas
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 07:38
Kutu Nenas: Dysmicoccus brevipes
Ordo: Hemiptera,
Famili: Pseudococcidae

Gejala Serangan

D. brevipes umumnya terdapat pada akar nenas dan berkembang dalam koloni yang besar pada daerah di atas tanah. Kumbang dapat menyebar ke atas untuk mencari makan pada bunga dan buah yang matang dan memakan daun. Gejala awalnya daun berwarna keemasan kemudian mengalami perubahan warna dari merah menjadi merah muda dan pada tepi daun terdapat garis-garis. Pada umumnya tanaman menjadi layu dan akan mengalami fase sehat kembali, dimana daunnya menjadi segar lagi dan
terlihat normal. Layu dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal.

Gambar : Koloni D. brevipes dan Nenas yang terserang D. brevipes (Sumber CPC 2005 Edition dan PKBT IPB)

Morfologi dan Bioekologi

Betina mengalami tiga instar nimfa. Jantan mengalami dua nymphal instar, yaitu pre pupa dan pupa. Pengembangan dari instar pertama ke dewasa kurang lebih 24 hari pada kedua jenis kelamin. Betina dewasa hidup 17 - 49 hari, sedangkan jantan dewasa hidup 1 - 3 hari. Perbandingan jenis kelamin 1:1. Lama hidup biparental D. brevipes adalah lebih pendek dibandingkan dengan bentuk/periode partenogenetik.
Instar pertama D. brevipes bergerak aktif dalam waktu tidak lebih dari satu hari. Pada masa partenogenetik sebagian besar D. brevipes berada pada bagian yang lebih rendah dekat tanah atau di bawah tanah, sedangkan bentuk biparental D. brevipes, bersama-sama denga D. neobrevipes, biasanya terutama terdapat pada bagian atas mahkota dan buah

Tanaman Inang Lain

Kacang mete, sirsak, seledri, kacang tanah, cabai, jeruk, kelapa, kopi arabika, talas, ketimun, wortel, Ficus, kapas, ubi, apel, mangga, ketela, pisang, alpukat, jambu biji, tebu, kentang, kakao, jagung, ginseng.

Pengendalian

• Cara Fisik
Merendam mahkota nenas dalam air panas pada suhu 500C selama 30 menit.
• Cara Peraturan
Dengan melarang masuknya nenas yang diduga membawa kutu nenas yang dapat menyebabkan layu pada tanaman nenas.

 

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Thursday, 17 January 2013 06:18 )