Kutu dompolan PDF Print E-mail
OPT Tanaman Jeruk - Salak
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 08:03
Kutu dompolan / Kutu putih: (Pseudococcus sp.)
Ordo : Hemiptera
Famili : Pseudococcidae

Gejala serangan

Kutu putih ini biasanya ditemukan pada anak daun terutama dekat tulang daun karena serangga ini merusak tanaman dengan cara mengisap cairan tanaman.
Infestasi berat serangan ditandai adanya warna putih dan terdapat semacam massa seperti lilin pada bagian batang, buah dan sepanjang tulang daun bagian permukaan bawah daun. Infestasi berat biasanya muncul pada percabangan dan daun disertai embun madu.
Apabila serangan terjadi pada pucuk, daun tidak dapat berkembang dengan sempurna, bahkan dapat mati. Daun tua yang terserang menjadi berwarna hijau kusam, pada serangan berat, daun menjadi layu.

Morfologi dan Bioekologi

Populasi kutu biasanya meningkat pada bulan kering terutama saat kelembaban nisbi pada siang hari turun sampai di bawah 75%. Eksplosi dapat terjadi apabila kelembaban nisbi turun drastis di bawah 70% selama 3 – 4 bulan dan dikombinasikan dengan hari hujan kurang dari 10 hari per bulan.
Serangga dewasa tidak menghasilkan telur. Nimfanya berukuran 0.3 mm berwarna kekuningan pucat seluruh tubuhnya tertutup lilin putih. Serangga betina baik yang dewasa maupun yang belum dewasa memiliki warna sama, dan masing-masing memiliki 17 pasang ’tungkai’ berwarna putih.

Tanaman Inang Lainnya

Jeruk, persik, alpukat, jambu biji, pir, terong dan anggur.

Pengendalian

Cara Biologis
  • Pengendalian secara biologi, pernah diterapkan di California, dilakukan dengan penggunaan parasitoid jenis lebah, yaitu : Tetracnemoidea sydneyensis dan T. Peregrina, serta predator dari bangsa kepik : Cryptolaemus montrouzieri.
  • Terjadinya ledakan hama sering disebabkan oleh penggunaan pestisida secara tidak bijaksana, jadi sedapat mungkin pengendalian dengan bahan kimia dihindari karena b
    erdasarkan penelitian, terdapat resistensi setelah dilakukan aplikasi pestisida pada kutu ini.
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Thursday, 17 January 2013 06:08 )