Hawar Daun PDF Print E-mail
OPT Flori - Policias
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 08:33

Hawar Daun

Gambar : Gejala penyakit hawar daun; gejala awal (a); gejala lanjut daun mengalami nekrosis (b)

Sumber Foto : Ditlin Hortikultura dan Departemen Proteksi Tanaman – IPB

Gejala serangan

Gejala pertama berupa bercak kebasahan berwarna gelap, kemudian melebar secara tidak beraturan di sepanjang pertulangan daun (Gambar 9a). Selanjutnya jaringan daun terserang akan mengalami nekrosis (Gambar 9b). Tanaman yang terserang dapat menyebabkan gugurnya daun. dapat terjadi pada saat gejala awal maupun setelah mengalami nekrosis.

Penyebab

Alternaria panax Wetzel
Sumber serangan dan cara penularan

Sumber inokulum penyakit yang utama adalah sisa-sisa daun sakit, baik yang masih menempel maupun telah gugur. Cendawan ini juga menyerang tanaman hias lainnya, seperti tanaman walisongo. Cara penularan yang utama adalah melalui angin dan cipratan air.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan penyakit
Penyakit akan mudah berkembang jika tanaman ditanam di tempat yang ternaungi dan kelembabannya tinggi (aerasi kurang baik) dan jika sistem irigasi dilakukan melalui bagian tajuk (overhead irrigation). Selain itu tanaman yang mengalami stres hara juga akan lebih mudah terserang.
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Friday, 21 December 2012 08:34 )