Bercak Daun PDF Print E-mail
OPT Flori - Policias
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 08:35

Bercak Daun

Gambar : Gejala dari permukaan atas daun dan dari permukaan bawah daun Piknidium 400x (c)
Sumber Foto : Departem Proteksi Tanaman – IPB

Gejala Serangan

Gejala umum terjadi pada bagian daun berupa bercak-bercak terbatas. Pada permukaan atas daun yang terserang timbul bercak melekuk berwarna putih kotor atau warna jerami dan sekelilingnya berwarna ungu tua atau hitam (Gambar 8a). Jika dilihat dari permukaan bawah daun pada bagian bercak seperti terjadi penggabusan yang sedikit menonjol berwarna coklat muda (Gambar 8b).

Penyebab Phoma sp.
Sumber Serangan dan Cara Penularan
Penyebab penyakit pada umumnya dapat bertahan pada bagian-bagian tanaman, terutama daun sakit gugur di atas permukaan tanah. Penularan penyakit terutama melalui percikan air, baik air hujan, cairan ketika aplikasi pestisida dan penyiraman tanaman melalui tajuk.

Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Penyakit

Penyakit akan mudah berkembang jika kondisi hujan dan ada angin, karena spora yang berada di dalam tubuh buah (piknidium) akan dilepas dan disebarkan oleh percikan air hujan yang terhembus angin. Tanaman dalam kondisi lemah karena cara budidaya yang tidak tepat juga dapat memperparah serangan, karena patogen ini termasuk patogen lemah.
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Friday, 21 December 2012 08:35 )