Hama rimpang 2 PDF Print E-mail
OPT Obat - Rimpang 1
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 09:27

Lalat rimpang (Mimegralla coeruleifrons dan Eumerus figurans)

Gambar : Lalat rimpang M. coeruleifrons (A)
Gejala serangan lalat rimpang pada jahe (B) dan kencur (C)
Sumber: Balittro

Tubuh M. coeruleifrons ramping memanjang dengan panjang tubuh  14 mm, berwarna gelap/hitam metalik. Tungkai tengah dan belakang jauh lebih panjang dibanding tungkai depan. Sayap belang hitam putih.

Lalat E. figurans bentuknya mirip lebah madu, berwarna hitam mengkilat, terdapat garis putih melintang pada bagian perut dan garis memanjang pada bagian dada

Gejala serangan: gejala serangan terlihat setelah 8 - 10 hari. Tanaman menguning, layu, dan mengering dimulai dari daun sebelah bawah, kemudian diikuti seluruh daun. Rimpang terlihat masih utuh, tetapi bila dibuka di dalamnya lapuk, seperti gumpalan tanah. Serangan berat mengakibatkan rimpang keropos dan kering, karena larva (belatung) memakan seluruh bagian dalam rimpang, kecuali kulit .

Tanaman inang: jahe, kunyit, kencur, dan temulawak.


Kutu perisai, Aspidiella hartii

Gambar : Kutu perisai  (A), Rimpang jahe sehat (B) dan gejala serangan kutu perisai pada rimpang jahe (C)
Sumber:Balittro

Serangga hama berupa kutu, kecil, bulat, dan berwarna cokelat muda sampai abu-abu dengan membran pucat dan tipis. Tubuh tertutup oleh perisai yang keras. Diameter kutu dewasa berukuran sekitar 1 mm. Perisai mudah lepas dan bekas menempelnya perisai berwarna putih.

Serangan hama ini dapat berawal dari penggunaan benih yang terserang, kemudian berkembang di pertanaman, berlanjut dan berkembang biak dengan baik di tempat penyimpanan.

Gejala serangan: kutu-kutu perisai menempel pada permukaan rimpang, sehingga tampak kusam. Serangga kutu perisai dapat menurunkan mutu rimpang terutama rimpang segar, mengakibatkan penolakan ekspor, sehingga mengalami kerugian besar.

Tanaman inang: jahe, kencur, temu lawak, kunyit, gadung, dan suweg.


Penggulung daun, Kerana diocles dan Udaspes folus

Gambar : Ngengat U. folus dan

Larva (A) dan gejala serangan penggulung daun K. diocles (B)
Sumber: Balittro

Serangga dewasa berupa ngengat, K. diocles berwarna coklat. Sedangkan ngengat U. folus berwarna cokelat dengan spot putih kekuningan pada sayap.

Larva penggulung daun berwarna hijau pucat dengan kepala mengecil berwarna hitam, panjang tubuh dapat mencapai 3,7 cm.

Gejala serangan: larva menyerang tanaman dengan memotong dan membuat gulungan daun. Larva berada di dalam gulungan daun tersebut.

Tanaman inang: temulawak, jahe dan kunyit.


Trips, Sciothrips cardamomi dan Panchaetothrips indicus

Gambar : Imago  Thrips sp.
Sumber: Balittro

Trips ini merupakan serangga dengan tubuh kecil memanjang, ukuran mencapai 1 mm, kepala dan perut berwarna cokelat gelap atau kehitaman, sedangkan dada dan kaki berwarna cokelat kekuningan

Gejala serangan: nimfa dan imago mengisap cairan pada daun yang masih melipat atau pada permukaan daun yang masih muda. Bagian yang terserang berwarna keperakan, kemudian berkembang menjadi spot-spot putih, kuning atau cokelat dan robek-robek.    S. cardamomi diduga berperan sebagai vektor penyakit mozaik pada tanaman kapulaga

Tanaman inang: jahe, kunyit, kapulaga 


Ulat jengkal, Chrysodeixis chalcites

Gambar : Ulat jengkalSumber: Balittro

Larva (ulat) berwarna hijau dengan garis putih memanjang di sisi tubuhnya, berjalan seperti menggerakkan jengkal. Larva berkepompomg di dalam anyaman daun.

Gejala serangan: larva merusak daun yang agak tua, yaitu dengan cara menggigit daun dari arah pinggir. Serangan berat, menyebabkan daun yang tersisa hanya tulang daun saja.

Tanaman inang: temu lawak, kedelai, kentang, dan kacang hijau.

 

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Thursday, 17 January 2013 07:02 )