Pedoman Pelaksanaan TOT SLPHT bagi Alumni PDF Print E-mail
Pustaka - Pedoman
Written by ditlinhorti   
Saturday, 22 December 2012 03:51

Latar Belakang

Pengembangan Program Nasional Pengendalian Hama Terpadu (PHT) diarahkan untuk meletakkan dasar bagi terwujudnya  ”PHT oleh Petani”.  Oleh karena itu diperlukan Sumber Daya manusia (SDM)  atau petani   yang memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam menerapkan PHT. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam menerapkan PHT  tersebut diperlukan pelatihan, yang salah satunya ialah melalui Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT).
Sekolah Lapangan (SL) adalah salah satu bentuk pendidikan informal, yang ruang kelas dan laboratoriumnya adalah pertanaman yang dibudidayakan oleh kelompok tani atau peserta pelatihan. Sekolah Lapangan diselenggarakan selama satu musim tanam dengan jumlah pertemuan 12  – 18 kali. Waktu pertemuan dapat dilakukan dua kali per minggu atau satu kali per minggu atau berdasarkan kesepakatan antara pemandu lapangan dengan peserta pelatihan. Sekolah lapangan dipandu oleh Pemandu  Lapangan atau Petani Pemandu yang telah mengikuti pelatihan bagi pelatih (Training of Trainers/  TOT). Hal ini  selaras dengan Undang-undang No. 12 tahun 1992, Tentang Sistem Budidaya Tanaman, yang menyatakan bahwa penerapan PHT merupakan tanggung jawab masyarakat dan pemerintah.
Pemandu Lapangan dengan status pegawai pemerintah dalam hal ini POPT jumlahnya sangat terbatas tidak berimbang dengan kebutuhan Pemandu Lapangan yang jumlahnya akan meningkat sesuai dengan unit SLPHT yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu peran Petani Pemandu sebagai Pemandu Lapangan akan sangat dibutuhkan dalam rangka perluasan dan pengembangan penerapan PHT  secara nasional. Untuk mencetak Petani Pemandu yang diperlukan maka penyelenggaraan TOT   SLPHT bagi petani alumni SLPHT menjadi kebutuhan  mendesak......................
 
Bagi yang berminat untuk mendapatkan Buku tersebut di atas silahkan hubungi kami di
Direktorat Perlindungan Hortikultura
Jalan Aup Nomor 3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Telepon (021) 7819117, Faximile (021) 78845628  
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Saturday, 19 January 2013 04:04 )
 
DIREKTORAT PERLINDUNGAN HORTIKULTURA
Jalan Aup Nomor 3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Telepon (021) 7819117, Faximile (021) 78845628
Website : http://ditlin.hortikultura.deptan.go.id - E-mail: ditlinhort@deptan.go.id
Copyright © 2013 Direktorat Perlindungan Hortikultura Design by SadCom Multimedia ndik63@yahoo.com