Lalat Buah PDF Print E-mail
Berita - Berita Utama
Written by ditlinhorti   
Tuesday, 11 October 2016 07:31
Mengenal Lalat buah (Diptera: Tephritidae) Utama di Indonesia
Ditulis dan diolah dari berbagai sumber oleh: Andi Abdurahim, S.Si.
(POPT Ahli Pertama Direktorat Perlindungan Hortikultura)

Menurut Drew & Romig (1997, Overview – Tephritidae in the Pacific and Southeast Asia) terdapat sekitar 4500 spesies lalat buah di seluruh dunia. Mereka menempati habitat mulai dari tempat yang sangat dingin di daerah subtropis hingga wilayah hangat di daerah tropis. Namun hanya sedikit yang menjadi hama pada tanaman hortikultura. Meskipun namanya “lalat buah” namun hama ini juga bisa menyerang bagian tanaman lainnya seperti batang, pucuk, daun, bunga dan buah. Dengan kata lain, hama ini mampu menyerang bagian apapun dari tanaman hortikultura.
Di Indonesia, beberapa jenis lalat buah telah menjadi sorotan dalam pengelolaan hama karena sifatnya yang destruktif. Hanya delapan jenis yang signifikan berpengaruh secara ekonomi namun hanya tiga jenis yang dikenal di Indonesia yakni Bactrocera papayae (Asian papaya fruit fly), B. carambolae (carambola fly), dan B. cucurbitae (melon fly). Khusus B. papayae dan B. carambolae lebih dikenal sebagai dorsalis – complex berdasarkan kedekatan morfologi, perilaku dan genetika dengan jenis Bactrocera dorsalis. Oleh para ahli taksonomi keduanya pernah digabungkan sebagai B. dorsalis (Oriental fruit fly) namun pada pertengahan tahun 1990 keduanya ditetapkan sebagai jenis terpisah dari B. dorsalis.
Meskipun ada juga jenis lainnya seperti B. occipitalis (termasuk grup dorsalis-complex), B. albistrigata dan B. umbrosa, namun keberadaannya tidak terlalu signifikan bila dibandingkan tiga jenis di atas. Jenis hama dan penyakit dapat dikategorikan sebagai Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) bilamana sifatnya destruktif dan mampu menyebar luas. Lalat buah, meskipun tidak semuanya, masuk dalam kategori OPTK yang sangat ketat pengawasannya, baik ke dalam maupun ke luar wilayah Indonesia.


 
 Bactrocera papayae (Asian papaya fruit fly). Merupakan hama utama pada buah pepaya. Dikenal sebagai jenis yang paling destruktif dari seluruh dorsalis-complex dan memiliki 209 tanaman inang di Asia Tenggara. Tersebar luas hingga selatan Thailand, Malaysia, Kepulauan Indonesia, Singapura bahkan hingga Papua New Guinea dan Queensland utara (namun telah dieradikasi oleh Pemerintah setempat pada tahun 1997).
 
 
 
Bactrocera carambolae (Carambola fly). Merupakan hama utama pada buah belimbing (Averrhoa carambola) dan jenis yang dominan dalam grup dorsalis-complex. Memiliki 75 tanaman inang di Asia Tenggara. Tersebar luas hingga pulau-pulau Andaman, selatan Thailand, Malaysia, Kepualauan Indonesia, Singapura, lalu diintroduksi ke Amerika Selatan seperti Suriname, Guyana, French Guiana dan utara Brazil. 
 

 
Bactrocera cucurbitae (Melon fly). Merupakan hama utama pada tanaman cucurbita seperti melon, semangka, labu-labuan, paria, gambas, dll. Tersebar luas hingga utara semenanjung Arab hingga Asia Tenggara. Telah diintroduksi ke timur laut dan timur Afrika, Mauritius dan Reunion, bahkan hingga Papua New Guinea selama Perang Dunia Kedua, Kepulauan Hawaii dan Nauru. Tercatat memiliki 41 tanaman inang yang terdapat di Asia Tenggara.
 
Bactrocera occipitalis. Merupakan jenis asli di Kalimantan dan Filipina, dan diintroduksi ke Palau. Termasuk ke dalam grup dorsalis-complex. Sering dikaitkan ada kemiripan dengan jenis Bactrocera philippinensis. Sebagai hama utama pada tanaman belimbing, jeruk, jambu biji, mangga, dan pepaya.

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Tuesday, 11 October 2016 07:44 )
 
DIREKTORAT PERLINDUNGAN HORTIKULTURA
Jalan Aup Nomor 3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Telepon (021) 7819117, Faximile (021) 78845628
Website : http://ditlin.hortikultura.deptan.go.id - E-mail: ditlinhort@deptan.go.id
Copyright © 2013 Direktorat Perlindungan Hortikultura Design by SadCom Multimedia ndik63@yahoo.com