Bawang Organik PDF Print E-mail
Berita - Berita Utama
Written by sadcom   
Monday, 02 July 2018 06:29

Siapa bilang produk organik mahal dan susah dijual

 

Petani bawang merah organik di dusun Nawungan, Bantul DIY, Sumarno mengatakan sudah menerapkan budidaya secara organik sejak th 2014. Saat ini di lahan nya seluas 270 m2, biaya usaha tani bawang merah yang diperlukan hanya rp. 1,5 juta dan pada tahun 2017 hasil jual bawang merahnya sebanyak 10 juta rupiah, dari produksi 400 kg bawang merah rogol kering yang dijual rp. 25 ribu/kg. “Saya tidak menggunakan sarana kimia setetes pun” ujar Sumarno, hal ini disampaikannya saat kunjungan kerja Direktur Perlindungan Hortikultura, Ir. Sri Wijayanti Yusuf, M.Agr.Sc. yg disertai Kepala BPTPH dari 15 Propinsi, tgl 25 Juni 2018, di Dusun Nawungan, Bantul DIY. Sumarno mengatakan bahwa dengan biaya usaha tani yang rendah, produk bawang organiknya sangat bersaing di pasaran, “bawang merah saya selalu habis dibeli, dan tidak pernah sulit untuk menjualnya”. Stephanus Wangsit, ketua Asosiasi Organik Indonesia yg turut hadir pada kunker tsb mengatakan “kami siap bekerjasama dengan petani organik untuk membantu pemasaran produk organik, idealnya kita bisa melakukan kontrak sebelum penanaman dilakukan, sehingga petani tidak perlu kawatir dalam pemasaran produknya” ujarnya.

 

 

Direktur Perlindungan Hortikultura mengatakan, “kunjungan kerja kali ini sengaja mengajak BPTPH dari beberapa propinsi yg melaksanakan program pertanian organik 2018. pemerintah dengan dana APBN mensuport 250 desa organik hortikultura di 24 Propinsi. Dengan melihat praktek budidaya organik di Bantul, kami harapkan memacu semangat BPTPH untuk melakukan pembinaan dan pengawalan intensif unt program desa organik diwilayahnya masing2. Tujuan program desa organik adalah agar petani dapat memproduksi hortikultura yang lebih sehat, aman konsumsi dan aman untuk lingkungan, dan lebih dari itu dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan daya saing produk hortikultura Indonesia”, ujarnya

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Monday, 02 July 2018 06:37 )
 
DIREKTORAT PERLINDUNGAN HORTIKULTURA
Jalan Aup Nomor 3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Telepon (021) 7819117, Faximile (021) 78845628
Website : http://ditlin.hortikultura.deptan.go.id - E-mail: ditlinhort@deptan.go.id
Copyright © 2013 Direktorat Perlindungan Hortikultura Design by SadCom Multimedia ndik63@yahoo.com