produk organik di Sulteng PDF Print E-mail
Berita - Terkini
Written by ditlinhorti   
Monday, 20 August 2018 02:33
2018-08-20 09:42:13
 
Peluang pasar produk organik di Sulteng terbuka lebar

Pada saat ini kesadaran masyarakat akan produk bermutu, aman konsumsi dan ramah lingkungan semakin meningkat dan hal ini mengakibatkan kebutuhan akan produk tersebut meningkat. Sulawesi Tengah ( Sulteng) merupakan salah satu daerah sentra produksi hortikultura dan beberapa kelompok tani (Keltan) di daerah ini sudah memiliki sertifikat organik/Prima 3.
 
 

Pemda Sulteng sangat mendukung pengembangan produk pertanian yang bermutu, aman konsumsi dan ramah lingkungan. Bukti dari dukungan tersebut diwujudkan dengan cara memfasilitasi kerjasama antara Keltan yang menghasilkan produk organik dengan Rumah Sakit, Hotel dan Restoran yang ada di Provinsi Sulteng

Keltan Unggul Sejati yang terletak di Desa Sidera Kec. Sigi Biromaru Kab. Sigi adalah salah satu keltan yang difasilitasi untuk bermitra dengan RS, Hotel dan Restoran. Keltan ini yang diketuai oleh Pak Ari juga merupakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) dan Klinik PHT yang sering dijadikan tempat magang serta konsultasi terkait pertanian yang ramah lingkungan.

Menurut Pak Ari, Keltan ini memiliki luas lahan 25 hektar. Jenis sayuran organik yang diusahakan antara lain bayam merah, tomat, kangkung, selada, sawi dan daun bawang. Sedangkan untuk buah-buahan ada nenas, pepaya, buah naga dan klengkeng.
 
 

Pak Ari menceritakan bahwa beliau sudah mengembangkan pertanian organik selama 10 tahun terakhir dan untuk pemasaran produknya selama ini sudah bekerjasama dengan Carrefour dan akan memulai kerjasama dengan RS, Hotel dan Restoran. Pada saat kunjungan kerjanya Direktur Perlindungan Hortikultura, Ir. Sriwijayanti Yusuf, M.Agr.Sc berpesan agar Keltan berkomitmen dengan kesepakatan kerjasama yang sudah di tandatangani.
 
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Monday, 20 August 2018 02:43 )
 
DIREKTORAT PERLINDUNGAN HORTIKULTURA
Jalan Aup Nomor 3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Telepon (021) 7819117, Faximile (021) 78845628
Website : http://ditlin.hortikultura.deptan.go.id - E-mail: ditlinhort@deptan.go.id
Copyright © 2013 Direktorat Perlindungan Hortikultura Design by SadCom Multimedia ndik63@yahoo.com