Gerdal OPT di Maluku PDF Print E-mail
Berita - Terkini
Written by ditlinhorti   
Monday, 20 August 2018 02:57
2018-08-20 /  09:58:54
Gerdal OPT di Maluku
Jarak dan Lautan Bukan Rintangan
 
 
Komoditas cabai dan bawang merah merupakan komoditas sub sektor Hortikultura yang banyak dikembangkan sebagai komoditas prioritas Nasional. Oleh karena itu pengembangan kawasan cabai dan bawang merah terus dilakukan di berbagai provinsi termasuk Provinsi Maluku. Potensi pengembangan cabai dan bawang merah di Prov. Maluku sangat besar karena didukung oleh sumber daya lahan yang masih sangat luas, serta kondisi agroklimatnya. Termasuk potensi pasar khususnya pasar lokal, karena produksi selama ini kebanyakan berasal dari Sulawesi, Kalimantan dan Jawa yang mengakibatkan tingginya harga. Apalagi dengan kondisi Maluku yang terdiri dari dari pulau-pulau. Dengan adanya pengembangan cabai dan bawang merah yang dialokasikan di beberapa kabupaten dapat memenuhi produksi serta menekan harga pasar.
 
  
 
Program pengembangan bawang merah di Provinsi Maluku melalui alokasi dana TP TA. 2018 dilaksanakan di Kab. Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara, Buru, Seram Bagian Barat (SBB) dan Kota Ambon dengan luas areal 95 ha. Sedangkan pengembangan tanaman cabai seluas 200 ha yg berlokasi di kabb. Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Seram Bagian Barat, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Buru, Kota Tual dan Kota Ambon.
 
Dalam rangka pengawalan dan pengamanan produksi serta mutu dan keamanan pangan, Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura melalui alokasi anggaran Dana Dekon TA. 2018 melaksanakan kegiatan Gerakan Pengendalian OPT. Pada saat dilakukan monitoring pd tgl 15 Agustus 2018 dilaksanakan kegiatan gerdal OPT tanaman cabai di kelompok tani Sukamaju Kelurahan Waitosu, Desa Kawa, Kec. Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku. Lokasi Gerdal tersebut harus ditempuh dengan transportasi laut (kapal feri) kira-kira 1.5 jm dan di lanjutkan dengan perjalanan darat kira-kira 1.5 jm. Tapi, kondisi terswebut tidak menyurutkan bapak dan ibu petugas dr BPTPH untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan membawa bahan pengendali yg dibutuhkan khususnya APH. APHt tersebut masih diproduksi di LPHP Ambon karena keterbatasan sarana maupun SDM di LPHP SBB.
 
 
 
Kegiatan Gerdal dihadiri oleh bpk kepala dusun dan anggota kelompok tani, PPL, PHP/POPT. Gerdal OPT tanaman cabai dilaksanakan dalam rangka pengawalan dan pengamanan produksi dan mutu serta aman konsumsi cabai khususnya daerah sentra pengembangan. Gerdal OPT dilaksanakan dengan penerapan sistem PHT khususnya budidaya tanaman sehat dan pengendalian OPT yg ramah lingkungan dengan pengunaan bahan pengendali hayati seperti Trichoderma, Gliocladium dan PGPR. Juga pemasangan perangkap lalat buah beratraktan methil eugenol, serta penggunaan pestisida nabati dengan pemanfaatan sumberdaya lokal yaitu buah hutung untuk mengendalian hama kutu-kutuan pada tanaman cabai.
 
Pada kesempatan tersebut disarankan dalam melakukan budidaya tanaman cabai maupun bawang merah sebaiknya menggunakan pupuk organik yang optimal. Disamping untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah sehingga dapat meningkatkan kesuburan tanah, juga mengurangi penggunaan pupuk sisntetis yang dapat berdampak negatif terhadap lingkungan serta dapat mengurangi biaya produksi. Hal tersebut sangat potensi dilakukan karena di sekitar lahan banyak ternak milik masyarakat serta banyaknya jenis tumbuhan yang memungkinkan untuk diolah sebagai bahan baku kompos.
 
Kegiatan Gerdal OPT dimaksudkan untuk mengsosialisasikan pengendalian OPT ramah lingkungan ditingkat petani dan petugas sehingga dapat diterapkan di tingkat lapangan. Dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah sangat dibutuhkan terutama fasilitasi sarana pendukung, pendampingan dan pengawalan petugas, serta kebutuhan SDM dalam pengembangan dan penerapan penegndalian OPT Ramah Lingkungan. 
Salam PHT.
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Monday, 20 August 2018 03:04 )
 
DIREKTORAT PERLINDUNGAN HORTIKULTURA
Jalan Aup Nomor 3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520 - Telepon (021) 7819117, Faximile (021) 78845628
Website : http://ditlin.hortikultura.deptan.go.id - E-mail: ditlinhort@deptan.go.id
Copyright © 2013 Direktorat Perlindungan Hortikultura Design by SadCom Multimedia ndik63@yahoo.com