Kementan Sediakan Paket Bantuan Bagi Petani Cabai Untuk Atasan Kekeringan PDF Print E-mail
GAMBAR - JUDUL
Written by ndik   
Tuesday, 05 November 2019 01:53
2019-11-03 / 13:45:19
 
KEMENTAN SEDIAKAN PAKET BANTUAN BAGI PETANI CABAI
UNTUK ATASI KEKERINGAN

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa puncak musim kering 2019 telah terjadi di bulan September lalu hingga November 2019, dan akan masih terjadi kekeringan di sejumlah wilayah di Indonesia. Kekeringan yang melanda beberapa wilayah tersebut akan mempengaruhi produksi pertanian antara lain penurunan produksi cabai. Dalam mengatasi hal tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan paket bantuan bagi petani cabai untuk atasi kekeringan.
 
 
 
Paket bantuan yang diberikan berupa pompa air, sarana pengendalian OPT ramah lingkungan dan benih cabai bersertifikat. Sarana pengendalian yang diberikan bukan pestisida sehingga diharapkan paket bantuan ini dapat mendukung terlaksananya kegiatan budidaya cabai yang aman konsumsi, aman bagi lingkungan dan petani. Paket bantuan  berupa "benih cabai,  bahan pengendali OPT ramah lingkungan dan pompa air". Total bantuan utk luasan 750 hektar  pada 12 propinsi antara lain, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Selatan.
 
 
 
Paket bantuan yang diberikan Kementan bersifat stimulan atau pengungkit dalam rangka terlaksananya penanganan kekeringan. Nantinya paket bantuan tersebut akan disalurkan oleh BPTPH kepada kelompok tani/gapoktan. Melalui paket bantuan ini, Kementan berharap petani tetap optimis dalam menanam cabai dan tidak lagi kesulitan mendapatkan air karena sudah ada bantuan pompa air yang dapat digunakan untuk menarik air dari sumbernya.
 
  
 
Direktur Perlindungan Hortikultura, Ir. Sri Wijayanti Yusuf, M.Agr.Sc menyampaikan bahwa dalam menghadapi musim kemarau seperti saat ini, Kementan tidak mungkin bekerja sendirian, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak dan koordinasi yang sinergis agar seluruh target produksi dapat terpenuhi dan terlaksana dengan baik.
 
 
by; Ela 
 
 
 
 

 
 
 

 
 
 

 
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Tuesday, 05 November 2019 03:34 )