Antraknosa PDF Print E-mail
OPT Sayur - Cabai
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 01:24

Penyakit Busuk Buah Antraknosa

Colletotrichum capsici (Syd.) Bult. Et. Bisby,

C. gloeosporioides dan Gloeosporium piperatum Ell.et.Ev.

Morfologi dan daur penyakit

C. capsici mempunyai banyak aservulus, tersebar di bawah kutikula atau pada permukaan, berwarna hitam dengan banyak seta. Seta berwarna coklat tua, bersekat, halus dan meruncing ke atas. Konidium berwarna hialin, berbentuk tabung (silindris), ujung-ujungnya tumpul atau bengkok seperti sabit. Konidium dapat disebabkan oleh angin. Cendawan pada buah masuk ke dalam ruang biji dan menginfeksi biji, sehingga dapat menginfeksi persemaian yang tumbuh dari benih yang sakit. Cendawan yang menyerang daun dan batang tidak dapat menginfeksi buah. Cendawan dapat bertahan dalam sisa-sisa tanaman sakit. Pada musim kemarau pada lahan yang berdrainase baik perkembangan penyakit kurang.
Perkembangan penyakit sangat baik pada suhu 30 °C. Perkembangan lebih cepat pada buah yang lebih tua, sedangkan pada buah muda lebih cepat gugur karena infeksi.
Di Indonesia penyakit tersebut dapat ditemukan di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Gejala serangan
Gejala serangan awal berupa bercak coklat kehitaman pada permukaan buah, kemudian menjadi busuk lunak. Pada bagian tengah bercak kumpulan titik hitam yang merupakan kelompok seta dan konidium. Serangan yang berat menyebabkan seluruh buah keriput dan mengering. Warna kulit buah seperti jerami padi. Keadaan cuaca panas dan lembab mempercepat perkembangan penyakit.

Tanaman inang lain

Belum diketahui adanya tanaman inang lain.

Cara pengendalian

  • Pengendalian secara bercocok tanam, meliputi pergiliran tanaman, perbaikan drainase, penentuan waktu tanam, penggunaan bibit sehat, penanaman varietas tahan.
  • Pengendalian secara fisik/mekanik, dengan eradikasi selektif dan sanitasi kebun.
  • Pengendalian kimiawi, dengan menggunakan fungisida yang efektif yang telah diizinkan oleh Menteri Pertanian.
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Thursday, 17 January 2013 06:26 )