Ulat Bawang PDF Print E-mail
OPT Sayur - Bw merah
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 01:27

Ulat Bawang  : Spodoptera exigua Hbn.

 
Nama umum : Spodoptera exigua (Hübner)
Klasifikasi : Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Lepidoptera
Famili : Noctuidae
Subfamili : Amphipyrinae
(Sumber gambar : CABI)

Morfologi/Bioekologi

  • Rentangan sayap ngengat panjangnya antara 25 – 30 mm.  Sayap depan berwarna coklat tua dengan garis-garis yang kurang tegas dan terdapat pula bintik-bintik hitam.  Sayap belakang berwarna keputih-putihan dan tepinya bergaris-garis hitam.  Ngengat betina mulai bertelur pada umur 2 – 10 hari.
  • Telur berbentuk bulat sampai bulat panjang, diletakkan oleh induknya dalam bentuk kelompok pada permukaan daun atau batang dan tertutup oleh bulu-bulu atau sisik dari induknya. Tiap kelompok telur maksimum terdapat 80 butir.  Jumlah telur yang dihasilkan oleh seekor ngengat betina sekitar 500 – 600 butir.  Setelah 2 hari telur menetas menjadi larva.
  • Larva atau ulat muda berwarna hijau dengan garis-garis hitam pada punggungnya.  Ulat tua mempunyai beberapa variasi warna, yaitu hijau, coklat muda dan hitam kecoklatan.  Ulat yang hidup di dataran tinggi umumnya berwarna coklat.
  • Stadium ulat terdiri dari 5 instar.  Instar pertama panjangnya sekitar 1,2 – 1,5 mm, instar kedua sampai instar terakhir antara 1,5 – 19 mm.  Setelah instar terakhir ulat merayap atau menjatuhkan diri ke tanah untuk berkepompong.  Ulat lebih aktif pada malam hari.  Stadium larva berlangsung selama 8 – 10 hari.
  • Pupa berwarna coklat muda dengan panjang 9 – 11 mm, tanpa rumah pupa.  Pupa berada di dalam tanah dengan kedalaman + 1 cm, dan sering dijumpai juga pada pangkal batang, terlindung di bawah daun kering, atau di bawah partikel tanah.  Pupa memerlukan waktu 5 hari untuk berkembang menjadi ngengat.
  • Hama  ulat bawang tersebut menyebar di daerah sentra produksi bawang merah di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Irian.

 Gejala serangan

  • Bagian tanaman yang terserang terutama daunnya, baik daun pada tanaman yang masih muda ataupun yang sudah tua.
  • Setelah menetas dari telur, ulat muda segera melubangi bagian ujung daun lalu masuk ke dalam daun bawang, akibatnya ujung daun nampak berlubang/ terpotong.  Ulat akan menggerek permukaan bagian dalam daun, sedang epidermis luar ditinggalkannya.  Akibat serangan tersebut daun bawang terlihat menerawang tembus cahaya atau terlihat bercak-bercak putih, akhirnya daun menjadi terkulai.

Tanaman inang lain

  • Jenis bawang daun (Allium fistolosum), kucai (A. odorum), cabai, kapas dan tanaman kacang-kacangan seperti kacang tanah, Crotalaria, dan kedelai.

Cara pengendalian

  • Pengendalian secara bercocok tanam, meliputi pengaturan waktu tanam, pergiliran tanaman, tanam serentak, tumpang sari atau monokultur, penggunaan benih unggul bermutu dan sehat, sanitasi/pengendalian gulma di sekitar pertanaman dan saluran, pengolahan tanah yang sempurna, pengelolaan air yang baik, pengaturan jarak tanam, penanaman tanaman perangkap.
  • Pengendalian mekanis, dilakukan dengan mengumpulkan kelompok telur dan ulat bawang lalu dibutit (dimasukkan kantong plastic dan diikat) dan dimusnahkan.
  • Pengendalian fisik, dilakukan antara lain dengan memasang lampu perangkap.
  • Pemanfaatan agens hayati, dengan menggunakan virus Se-NPV (Spodoptera exigua-Nuclear polyhedrosis Virus) dan parasit Apenteles sp.
  • Pengendalian kimia.  Apabila hasil pengamatan telah mencapai atau melampui 1 kelompok telur/10 rumpun contoh atau 5 % daun terserang/rumpun contoh (pada musim kemarau) atau 3 kelompok telur/10 rumpun contoh atau 10 % daun terserang/rumpun contoh (pada musim penghujan) dapat diaplikasi dengan insektisida yang diizinkan.oleh Menteri Pertanian.

 

Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Monday, 09 July 2018 04:37 )