Ulat Daun PDF Print E-mail
OPT Sayur - Kubis
Written by ndik   
Friday, 21 December 2012 01:37

Ulat Daun Kubis (Diamond Back Moth) : Plutella xylostella L.

Nama umum : Plutella xylostella Linnaeus
Klasifikasi : Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Lepidoptera
Famili : Yponomeutidae
Subfamili : Plutellinae
Sumber gambar : CABI

Morfologi/Bioekologi
  • Ngengat berwarna abu-abu sampai coklat kelabu dan pada saat sayap dilipat nampak tiga buah tanda berupa gelombang seperti berlian (diamond) atau terdapat bentuk segitiga sepanjang punggungnya. Ngengat beristirahat pada siang hari.  Umur ngengat  2 - 4 minggu.  Ngengat betina mampu menghasilkan telur 180 - 320 butir.   Daur  hidup dari telur sampai ngengat pada ketinggian 250 m di atas permukaan laut (dpl) 12 - 15 hari dan 20 - 25 hari pada ketinggian 110 m dpl.
  • Telur berwarna kuning kehijauan diletakkan di sekitar tulang daun pada permukaan bawah daun dalam satu kelompok sejumlah 1 - 6 telur.
  • Larva P. xylostella mudah dibedakan dengan larva serangga hama lainnya karena larva ini tidak mempunyai garis membujur pada tubuhnya.
  • Larva terdiri atas empat instar. Ukuran larva instar keempat 10 - 12 mm. Kepala berwarna kuning muda terdapat bintik-bintik gelap. Tubuhnya berwarna hijau muda terdapat bulu hitam tipis. Apabila disentuh larva bereaksi ganas, menjatuhkan diri dan membentuk benang sutera.Pupa terletak pada daun atau batang, seperti jalinan benang berwarna putih sehingga nampak seperti kumparan benang.
  • Dalam satu tahun beberapa generasi dapat dihasilkan apabila kondisi menguntungkan, di negara subtropis tidak lebih dari 2 - 3 generasi tetapi di negara tropis dapat mencapai 16 generasi.   Hama P. xylostella mempunyai daerah sebaran luas baik di daerah tropis maupun subtropis. Di Indonesia hama tersebut dilaporkan menyerang di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.
 
Gejala serangan
  • Larva (ulat) muda yang baru menetas, mengorok daun kubis selama 2 - 3 hari. Selanjutnya memakan jaringan bagian permukaan bawah daun atau permukaan atas daun dan meninggalkan lapisan tipis/transparan sehingga daun seperti berjendela dan akhirnya sobek serta membentuk lubang. Apabila tingkat populasi larva tinggi hampir seluruh daun dimakan dan hanya tulang daun yang ditinggalkan. Umumnya serangan berat terjadi pada musim kemarau pada umur 5 - 8 minggu.
  • Ulat daun kubis mulai menyerang sejak awal pra pembentukan krop (0 – 49) hari setelah tanam = hst) sampai fase pembentukan krop (49 - 85 hst).

Tanaman inang lain
  • Raphanus sativus (lobak), Nasturtium sp. (sejenis selada air), Alyssium sp., Methiola sp, kubis, kolrabi, kubis bunga, petsai dan kailan.  Gulma tanaman inang antara lain Capsella bursapactoris, Cardamine hirsuta, Brassica pachypoda, N. officinale (selada air) dan Lepidium sp.
Cara pengendalian
  • Pengendalian secara bercocok tanam, meliputi pengaturan waktu tanam, pergiliran tanaman, tanam serentak, tumpang sari atau monokultur, penggunaan benih unggul bermutu dan sehat, sanitasi/pengendalian gulma di sekitar pertanaman dan saluran, pengolahan tanah yang sempurna, pengelolaan air yang baik, pengaturan jarak tanam, penanaman tanaman perangkap.
  • Pemanfaatan musuh alami, dengan memanfaatkan parasit Diadegma semiclausum dan Cotesia plutellae serta cendawan Zoophthora radicans.
  • Pengendalian fisik, dilakukan antara lain dengan memasang perangkap feromoid seks sebanyak 1 buah per 50 m2 digunakan memantau populasi ngengat jantan.  Bila dalam 7 malam tertangkap 20 ngengat per perangkap maka perlu dilakukan aplikasi insektisida..
  • Pengendalian dengan insektisida bahan alami, dengan menggunakan minyak dari ekstrak biji buah srikaya, dan sirsak dengan konsentrasi 10 %.  Bahan alami lain yang bias digunakan sebagai insektisida bahan alami adalah ekstrak biji nimba dan tembakau.
  • Pengendalian kimia,  dapat diaplikasi dengan insektisida yang diizinkan.oleh Menteri Pertanian.
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

Last Updated ( Thursday, 17 January 2013 06:39 )